Pengertian Blog
Istilah blog menjadi populer akhir-akhir ini dan Anda mungkin punya
ide apa yang dimaksud dengan blog tapi jika ditanya, semua orang pasti
akan memiliki pendapat yang berbeda. Namun usaha untuk mengerti tentang
blog itu penting, terutama bila Anda ingin menjadikannya sebagai suatu
bisnis.
Kata blog sebenarnya berasal dari gabungan dua kata yaitu, web dan
log. Dengan kata lain, blog adalah kumpulan atau catatan pikiran, ide,
foto, video, tautan dan apa saja tentang Anda. Secara teknis, kumpulan
konten ini diurutkan secara kronologis terbalik. Yang terbaru di atas
dan seterusnya ke bawah dan halaman berikutnya. Kumpulan tulisan singkat
dapat saja dikatakan sebagai blog.
Ada yang mengkategorikan lebih jauh menurut ciri-cirinya, yaitu
memiliki judul, batang tubuh, komentar, tanggal serta waktu penulisan
dan penerbitannya. Tapi ciri-ciri seperti ini semakin kabur seiring
berjalannya waktu. Misalnya, salah satu perangkat lunak pembuat blog
yang terkenal, WordPress, telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga
berubah fungsi. Sekarang ini, selain dipergunakan sebagai blog,
WordPress juga dapat dijadikan alat bantu manajemen konten situs.
Dari situs iklan baris sampai jejaring sosial, semua dapat dibangun
menggunakan WordPress dan plugin-nya, yang mana merupakan cara
memperluas dan menambah fasilitas pada kerangka dasar yang ada. Dengan
kata lain, blog dapat dibuat sesederhana atau sekompleks mungkin dengan
berbagai fitur tergantung apa yang diinginkan oleh pembuatnya.
Mengapa Anda harus membuat blog?
Tidak ada alasan yang pasti mengapa seseorang membuat blog. Semuanya
tergantung motivasi individu yang bersangkutan. Tapi ada beberapa tujuan
dan alasan yang mungkin tidak terpikirkan ketika ingin membuat blog,
yang dapat menambah wawasan dan perspektif ke mana blog yang Anda bangun
akan digiring nantinya.
Beberapa orang membuat blog sekedar hobi. Memang inilah tujuan
awalnya ketika perangkat lunak blog pertama dikembangkan. Mereka ingin
cara yang mudah untuk mengarsip catatan pribadi dan juga berbagi dengan
yang lainnya apa yang mereka tulis. Blog saat ini dapat dipergunakan
sebagai album foto, berbagi pengalaman tentang apa yang Anda pelajari
sehari-hari, maupun sebagi cara untuk berkomunikasi dengan teman dekat
atau sanak keluarga.
Secara profesional dan dari segi bisnis, blog dapat digali lebih jauh agar menawarkan keuntungan berikut ini bagi Anda:
Mendemonstrasikan keahlian dan membangun komunitas.
Tidak ada cara yang lebih baik untuk mendemonstrasikan keahlian Anda
selain menulisnya. Orang yang menemukan tulisan Anda akan menyimpulkan
sendiri apakah Anda cukup berpengetahuan tentang suatu topik. Tidak
perlu menyombongkan diri dan dikira membuat klaim palsu. Blog juga dapat
dipergunakan untuk mengumpulkan pemirsa dan membangun komunitas seputar
suatu bidang.
Sebagai curriculum vitae (CV) atau resume. CV atau
resume tradisional sudah kedaluarsa. Setiap orang dapat menulis resume
terbaik dengan daftar keahlian yang panjangnya berkilometer. Tapi dewasa
ini yang dibutuhkan perusahaan adalah bukti Anda benar-benar menguasai
bidang tersebut. Dengan memiliki blog dan menciptakan konten yang
bermutu seputar topik yang Anda kuasai, Anda memiliki alat pendukung
kuat bagi resume Anda.
Sebagai sumber pendapatan penuh atau sampingan. Ada
banyak peluang terduga maupun tak terduga yang dapat dikembangkan dari
sebuah blog. Dengan pemirsa yang tetap dan tertarget, Anda bisa saja
bekerjasama dengan jejaring periklanan untuk menampilkan iklan. Model
bisnis ini cukup terkenal karena Anda hanya fokus pada pembuatan konten
dan komunitas. Banyak blogger yang juga berhasil mendapatkan kontrak
penulisan buku, menjadi pembicara di seminar, konsultasi dan beberapa
pendapatan lainnya.
Untuk badan usaha mikro, kecil maupun menengah, memiliki sebuah blog
akan lebih menguntungkan lagi. Anda dapat mempublikasikan berita
terbaru, promosi, acara maupun kontes bagi prospek dan pelanggan Anda
tanpa perlu mengeluarkan dana yang besar. Dengan komunitas yang solid,
komunitas Anda akan menjadi supporter dan promotor bagi bisnis Anda.
Mereka akan memberitahukan orang lain tentang produk baru, tentang
promosi Anda, apa saja. Hal-hal tersebut harus diakui bahkan tidak dapat
dibeli dengan iklan.
Jadi apapun tujuan Anda, apakah ingin membuat sebuah blog hanya untuk
alasan pribadi ataupun berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan serta
menciptakan kehadiran yang lebih nyata di dunia maya, sebuah blog dapat
membantu Anda.
Kutipan dari http://bejana.com/artikel/cara-membuat-blog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar